Pengelolaan Perpustakaan

Perkembangan ilmu pengetahuan adalah merupakan hasil dari para ilmuwan dalam melakukan penelitian dan percobaan-percobaan ilmiah. Banyaknya para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut akan menghasilkan informasi berupa laporan hasil penelitian, hasil seminar, menulis buku, dan jurnal ataupun terbitan lainnya. Hal ini menyebabkan terjadinya ledakan informasi.

Dengan semakin derasnya arus informasi, maka semakin cepat pula pertambahan koleksi perpustakaan sehingga pengelola perpustakaan (pustakawan) menghadapi tugas yang semakin kompleks dalam mengelolanya. Dengan adanya kompleksitas kerja tersebut menjadikan kegiatan perpustakaan bersifat rutinitas yakni terbatas pada kegiatan perpustakaan secara umum, sehingga perpustakaan mempunyai kesan pasif.

Padahal apabila perhatian kita fokuskan kepada pemakai (user oriented), maka banyak kegiatan yang dapat dikerjakan terutama dalam pengemasan informasi guna memenuhi tersedianya informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.

Terlepas dari kesan pasif dalam kegiatan perpustakaan tersebut, maka seberapa pun jumlah koleksi yang dimiliki perpustakaan harus dikelola secara profesional oleh pustakawan yang memiliki kompetensi, sehingga perpustakaan yang dikelolanya bisa menjadi perpustakaan yang handal/ideal, yang bisa memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan hasil kinerja dari pustakawan yang berkompeten, yang ditandai adanya nilai-nilai seperti: Keterbukaan akses, kemudahan prosedur pelayanan, profesionalisme (keramahan petugas & pengelolaan koleksi yang sistematis), dan penerapan teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar